Laporan Keuangan Tahap I Program Solidaritas Buruh “Berkah Ramadhan”

“Berkah Ramadhan untuk Keluarga Buruh Perempuan Terdampak Covid-19”

1

Pendahuluan

Berdasarkan hasil keputusan rapat Komite Nasional pada tanggal 24 April 2020, Front Nahdliyyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA) membentuk panitia penggalangan dana korban terdampak pandemi Covid-19 melalui program bertajuk “Berkah Ramadhan untuk Keluarga Buruh Perempuan Terdampak Covid-19”. Program Berkah Ramadhan secara spesifik menyasar 400 keluarga buruh perempuan anggota Federasi Serikat Buruh Lintas Pabrik (FBLP) yang mengalami PHK. Keluaga-keluarga buruh yang berdomisili di sekitar Kawasan Berikat Nasional Cakung Jakarta Utara itu tidak bisa mengakses bantuan pemerintah pusat maupun provinsi karena persoalan administrasi kependudukan.

Dalam menjalankan program Berkah Ramadhan, selain bekerjasama dengan FBLP, FNKSDA juga bekerjasama dengan Forum Islam Progresif. Beranggotakan 20an orang yang bekerja secara sukarela, tim program solidaritas ini diketuai oleh Muhammad Azka Fahriza. Penggalangan dana solidaritas seluruhnya dikumpulkan di satu rekening milik FNKSDA Komite Nasional di  Bank BTPN (Jenius) 90220035909 an Marliana Eka Fauzia

Proses Penggalangan Dana

Penggalangan dana untuk solidaritas Berkah Ramadhan dimulai pada tanggal 25 April 2020. Penggalangan dilakukan dengan mempublikasikan pengumuman solidaritas Berkah Ramadhan di seluruh kanal media sosial milik FNKSDA dan beberapa kanal media rekanan FNKSDA. 

Terhitung mulai hari Sabtu tanggal 25 April 2020 hingga hari Kamis tanggal 30 April 2020 telah terkumpul dana sebesar Rp 25.330.246 (Dua puluh lima juta tiga ratus tiga puluh ribu dua ratus empat puluh enam rupiah) (rincian detil sumbangan masuk pada Lampiran 1). Dan hingga tanggal 30 April 2020 telah dilakukan kegiatan pembelian barang dan dan jasa sebesar Rp 9.850.000 (Sembilan juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah) (rincian detil kegiatan pembelian barang dan jasa pada Lampiran 2).

Jumlah Dana Terkumpul

Kegiatan pembelian barang dan jasa meliputi pembelian beras sejumlah 800 kg dari petani yang dihimpun oleh Tani Center IPB University, KRKP dan GPN. Hasil pembelian tersebut disumbangkan kepada buruh perempuan di Cakung sebesar 800 kg dan sumbangan dari KRKP sebanyak 200 kg. Sehingga beras yang disumbangkan total sebanyak 1.000 kg atau 1 ton beras. Sedangkan kegiatan pembelian jasa adalah jasa pengangkutan beras dari Bogor ke Cakung sebesar Rp 250.000 (Dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Dari aktivitas Solidaritas Berkah Ramadhan, kas masuk dan keluar yang telah disebutkan di atas, maka saldo dana sebesar Rp 15.480.246 (Lima belas juta empat ratus delapan puluh ribu dua ratus empat puluh enam) (rincian detil arus kas donasi pada Lampiran 3).

Penutup

Demikian Laporan Keuangan Tahap I yang telah kami buat. Semoga ikhtiar kita semua memberikan manfaat bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *