Gus Mus: itu memusingkan rakyat!

Dalam Video ini Dr KH A. Musthofa Bisri (Gus Mus) diminta dukungannya terhadap gerakan penolakan semen di Rembang dan diwawancarai mengenai kasus ini. Ada banyak bagian yang tidak begitu jelas bisa ditangkap oleh kami. Namun substansi pendapat Gus Mus jelas menolak tambang dan pabrik semen di Rembang. Bagian berikut adalah narasi dari wawancara itu. Untuk lebih detil, silakan ditonton sendiri videonya.

Gus Mus: ini persoalan lingkungan itu mestinya harus menyeluruh. Menyeluruh. Jangan di Pati selesai, pindah Rembang. Rembang Selesai pindah Purwodadi. Terus pindah, begitu terus. Dan itu akan, itu memusingkan rakyat! Iya tho. Ada planning. Ada kebijaksanaan yang umum. Pokoknya kalau merusak lingkungan ndak boleh. Izinnya. Itu yang saya inginkan. Jadi nanti sekaligus untuk tidak bisa pindah-pindah ke tempat lain. Itu menurut saya. Makanya saya pesankan Mas Manaf, Mas Yahya segala macam supaya kasikan kepada, terutama kalau ketemu dengan pihak-pihak atasan sono. Supaya bisa dikemukakan. Tidak hanya ini saja. Itu banyak sekali penambang-penambang liar yang lain yang merusak lingkungan. Kadang-kadang tanpa izin….

Tanya: dengan cara apa kami melawan Gus?

Gus Mus: mulainya kan dari izin…Kalau kita ndak melawan dengan kesederhanaan… Harus kita lawan dengan gaya hidup sederhana. Gaya hidup menyenangi materi berlebih-lebihan akibatnya merusak.

Tanya: apakah ada pesan untuk ibu-ibu Rembang yang masih bertahan di tenda demi menyelamatkan lingkungan dan kehidupan?

Gus Mus: ya, mudah-mudahan niatnya yang baik. Mendapat balasan dari Tuhan. Diberi kekuatan lahir batin. Sambil berjuang secara lahiriah, juga berdo’a secara batiniah. Dua-duanya dikerjakan. Jangan ikhtiar lahir saja, tapi ikhtiar batin juga. Dua-duanya.

Tanya: apakah ada saran untuk pemerintah terkait tambang perusak lingkungan?

Gus Mus: Pokoknya kalau merusak lingkungan itu mestinya harus tidak boleh. Pemerintah harus melindungi lingkungan hidup. Untuk apa ada menteri lingkungan hidup. Untuk apa? Menteri lingkungan itu kan untuk menjaga lingkungan. Merawat lingkungan. Kalau kementerian lingkungan tidak merawat lingkungan, terus siapa yang merawat.