Pesantren Agraria FNKSDA, Probolinggo, 27-29 September 2015

Latar Belakang Kegiatan

Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA) yang dideklarasikan pada 8 Desember 2013 di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, merupakan sebuah organisasi lintas-jaringan yang mewadahi para aktivis dan pemerhati agraria dan sumber daya alam di Indonesia, khususnya yang datang dari latar belakang pesantren dan Nahdliyin. Adapun misi dan tujuan organisasi ini adalah:

  1. Memperkuat dan mendukung perjuangan ekonomi, politik, dan kultural masyarakat korban konflik agraria dan Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia, dan
  2. Mengokohkan kedaulatan masyarakat dalam tata milik, tata kelola, dan tata guna Sumber Daya Alam (SDA) sesuai dengan amanat konstitusi dan Undang-undang, khususnya Pasal 33 UUD 1945.

Kondisi sosial, ekologi, dan politik yang mendorong lahirnya FNKSDA adalah maraknya perusakan ruang hidup dan tanah air di Indonesia oleh ekspansi kapitalisme ekstraktif yang dilakukan baik oleh perusahaan swasta maupun aktor negara beberapa tahun terakhir ini, khususnya sejak Indonesia menganut kebijakan neoliberalisasi dalam berbagai bidang yang menyangkut pangan, energi, industri pertambangan (ekstraktif), maupun sektor-sektor yang berhubungan dengan hajat hidup masyarakat luas. Keberadaan FNKSDA diharapkan menjadi bagian dari upaya melestarikan sumber daya alam dan mengembalikan kedaulatan masyarakat atas sumber daya alamnya, khususnya di wilayah-wilayah basis Nahdliyin yang mengalami permasalahan terkait agraria maupun sumber daya alam.

Menyadari pentingnya misi dan tujuan tersebut maka FNKSDA sejak dua tahun terakhir (2013-2015) secara reguler mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sosialisasi kesadaran mengenai permasalahan agraria dan SDA di Indonesia, berupa seminar, Bahtsul Masa’il, diskusi dan lain-lain di berbagai tempat bersama-sama pesantren, NU, dan lain-lain. Salah satu kegiatan yang direncanakan secara rutin akan diselenggarakan oleh FNKSDA adalah “Pesantren Agraria” FNKSDA, yang untuk kali kedua akan dilaksanakan bertempat di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 27-29 September 2015.

“Pesantren Agraria” FNKSDA merupakan sekolah yang bertujuan memberikan wawasan dan menjadi tempat pembelajaran masalah-masalah agraria dan sumber daya alam (SDA). Adapun kegiatannya akan diisi dengan istighosah dan zikir bersama, diskusi intensif, nonton film bareng, dan live-in. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dan direncanakan akan bertempat di salah satu lokasi di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Undangan dan rangkaian acara “Pesantren Agraria” FNKSDA Probolinggo ini dapat diunduh di: undangan FNKSDA_Probolinggo

Kontak: 085655889926 (Fauzi) / 085218226453 (Putro)

Probolinggo