Membedah Konsep Ekologi-Politik Murray Bookchin

FrontPerkembangan sistem kapitalisme global tak dinyana telah menjadi penyebab utama krisis ekologi hari ini. Kapitalisme tak henti-hentinya menggenjot ekstraksi Sumber Daya Alam, yang sebenarnya bertujuan untuk menambal kontradiksi internal di dalam sistem itu sendiiri.

Murray Bookchin, seorang pemikir Komunalisme memandang bahwa kapitalisme telah melahirkan sebuah tatanan yang mensubordinasi eksistensi alam. Alam tak lebih dari objek penghisapan yang diproyeksikan sebagai penambal krisis kapitalisme.

Ironisnya, hari ini usaha ekstraksi alam yang terjadi turut difasilitasi oleh negara. Pemikiran Bookchin berkontribusi signifikan dalam menghadirkan analisis keterpautan antara kapitalisme dan negara sebagai entitas instrumentalnya.

Beranjak lebih jauh, kontribusi Bookchin juga terletak pada altenatif tatanan yang diajukannya. Usaha mendesentralisasi penguasaan SDA dari kekuasaan negara ke komune lokal, penggunaan teknologi ramah lingkungan secara swa-kelola, serta pemenuhan kebutuhan secara bersama-swadaya menjadi gagasan penting Bookchin yang menjadi antitesis tatanan kapitalistik hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *